Beranda > Berita, Kelembagaan > Kemajuan Pengembangan Governance di Indonesia

Kemajuan Pengembangan Governance di Indonesia

Kualitas Governance di IndonesiaBagaimana bila tanpa good governance? Apa yang akan terjadi jika: para pemimpin dan birokrasi dipilih secara sembarangan, tanpa ada monitoring kinerja dan tidak ada mekanisme untuk menggantikannya; pemerintah tidak memiliki kapasitas dan kemampuan untuk merencanakan kebijakan pembangunan yang benar dan tidak juga mampu melaksanakannya secara benar; kita, warga dan pemimpin tidak mempercayai lembaga-lembaga dan atau aturan main yang ada dalam lingkungan kita.

Dalam kondisi seperti itu, dapatkah tujuan kemerdekaan 17 Agustus 1945 terwujud? Atau, mungkinkah kehidupan kita bisa semakin baik dari hari ke hari?

Governance Matters! Mari mencermati perkembangan kualitas Governance kita. Pada 11 Juli 2007, kondisi kualitas governance di Indonesia adalah seperti yang dilaporkan oleh Perwakilan Bank Dunia di Indonesia. Disebutkan bahwa pada periode 1996-2006, Indonesia mengalami kemajuan di hampir semua area tata pemerintahan.

“Ini merupakan kumpulan data mengenai tata pemerintahan Indonesia yang paling komprehensif yang tersedia saat ini, dan temuannya sangatlah menggembirakan,” ujar Kepala Perwakiilan Bank Dunia di Indonesia, Joachim von Amsberg. “Pergerakan jangka menengah yang positif menunjukkan bahwa komitmen Indonesia terhadap peningkatan tata pemerintahan dan pemberantasan korupsi telah memberikan hasil.”

“Tentunya, kita jarang menemukan perbedaan dramatis dari suatu tahun ke tahun berikutnya, dan terutama untuk pemberantasan korupsi, hal ini merupakan tantangan jangka panjang. Secara absolut, perjalanan ini masih panjang,” katanya. “Namun, melihat pergerakan peningkatan bertahap sangatlah menggembirakan. Saya harap perkembangan positif ini dapat menjadi inspirasi bagi para pemimpin negara ini untuk melanjutkan dan memperdalam usaha mereka menuju tata pemerintahan yang baik.”

Kualitas Governance di Indonesia

Dalam menilai kinerja negara dari tahun 1999 sampai 2006 dalam enam dimensi tata pemerintahan, Laporan ini menunjukkan bahwa kemajuan Indonesia terutama sangat besar di area peningkatan suara dan pertanggungjawaban di mana Indonesia mendapat nilai yang lebih tinggi daripada banyak negara Asia Timur lain. Di bagian di mana kemajuan berjalan lambat – di area penegakan hukum dan kualitas peraturan – dalam lima tahun terakhir telah menunjukkan pergerakan positif.

Penilaian ini didapat dari serangkaian data mengenai Indonesia, termasuk sumber pemerintah, masyarakat sipil, internasional dan sektor swasta serta survei, yang telah menimbang margin kesalahan.

Terkait dengan patokan global dan perbandingan dalam suatu periode untuk Indonesia, patut dicatat bahwa Indonesia telah mengalami peningkatan secara keseluruhan di semua dimensi tata pemerintahan bahkan walaupun perubahan tersebut tampaknya tidak signifikan secara statistik di tahun 2005-06. Indonesia mengalami pergerakan positif selama beberapa tahun terutama dalam kategori “Efektivitas Pemerintah” dan “Pengendalian Korupsi” di mana terjadi perubahan yang signifikan secara statistik sebesar 75%, dan bahkan lebih besar, dalam kategori “Suara dan Pertanggungjawaban” di mana perubahannya sangat signifikan secara statistik sebesar 90% antara 1998 dan 2006.
Governance Indicator for Indonesia
Bahkan untuk periode yang lebih pendek – misalnya 2002-2006 – negara ini mencatatkan peningkatan yang signifikan. Pada saat yang sama, sehubungan dengan tingkatan, peringkat negara dalam Stabilitas Politik dan Tidak Adanya Kekerasan Besar, serta dalam lingkup yang lebih kecil, Penegakan Hukum dan Pengendalian Korupsi, masih rendah, yang berarti bahwa jalan di depan masih panjang. Grafik di bawah menunjukkan keseluruhan kinerja negara yang signifikan dari 2002-06.

Baru-baru ini, Bank Dunia menyelenggarakan serangkaian konsultasi ekstensif di Indonesia dan banyak negara lain mengenai bagaimana Bank Dunia dapat meningkatkan dukungannya kepada negara mitra untuk meningkatkan tata pemerintahan dan mengurangi risiko korupsi.

“Kami berharap untuk mendukung semua usaha di bidang ini sehingga manfaat pembangunan dapat mencapai mereka yang paling membutuhkannya,” kata Joachim von Amsberg.

Sumber: Siaran Pers Laporan Governance Matters, 2007: Worldwide Governance Indicators 1996-2006


Laporan lengkap, gabungan dari temuan-temuan utama, dan kumpulan data indikator baru tersedia di: http://www.govindicators.org. Atau akses melalui situs umum mengenai tata pemerintahan dan korupsi di: http://www.worldbank.org/wbi/governance Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program Bank Dunia di Indonesia, kunjungi: www.worldbank.org/id

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Pembaca pastilah punya pendapat keren. "Bagaimana menurut Anda"?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: