Beranda > Featured, Peraturan > Penyusunan Prosedur Kerja Audit Berdasarkan Standar Internasional

Penyusunan Prosedur Kerja Audit Berdasarkan Standar Internasional

siwasdanasSalah satu aspek penting dalam keberhasilan pelaksanaan pemerintahan daerah sebagaimana diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah adalah aspek pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Dalam rangka melaksanakan amanat undang-undang tersebut, telah dikeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Selanjutnya pada tataran operasional telah ditetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2007 tentang Pedoman Tata Cara Pengawasan atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Sejalan dengan komitmen yang kuat untuk melaksanakan tata kepemerintahan yang baik (good governance) yang mengedepankan akuntabilitas publik, maka pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah itu harus dapat dipertanggungjawabkan pada publik. Dalam konteks akuntabilitas publik ini menjadi penting adanya alat ukur atau indikator yang bisa dijadikan dasar untuk menilai seberapa besar pemerintah dipandang bertanggungjawab dalam mewujudkan kepentingan publik (accountable government). Indikator yang lazim dipergunakan untuk kepentingan ini adalah indikator kinerja (performance indicator) yang bisa diadopsi dari berbagai sumber baik yang sifatnya normative (berasal dari peraturan perundangan) maupun yang merujukpada standar internasional seperti Human Development Index (HDI), MilleniumDevelopment Goals (MDG) dan sejenisnya.

Berdasarkan latar belakang diatas, didukung pendanaan Asian Development Bank melalui State Audit Reform Sector Development Program (STAR-SDP) diadakan kegiatan Penyusunan Prosedur Kerja Audit Berdasarkan Standar Internasional.

Keluaran (output) dari kegiatan diatas mencakup dua kegiatan utama di dalamnya yaitu Penyusunan Pedoman Penyelenggaraan 31 Bidang Urusan Pemerintahan Daerah dan Pengembangan Sistem Informasi Pengawasan Pemerintah Daerah Tingkat Nasional (SIWASDANAS), yang pada dasarnya adalah meng-otomasikan proses pengawasan yang sudah berjalan sesuai Kepmendagri No.6 Tahun 2003 dan Permendagri No.23 Tahun 2007, sekaligus membangun database peta pengawasan nasional lengkap dengan hasil-hasil temuan pemeriksaan dan pemutahirannya.

Download:

Informasi lebih lengkap, kunjungi situsnya pada siwasdanas.com

  1. 23 Juli 2008 pukul 5:36 pm

    Sangat menarik! 🙂 Thank you. Baru tahu nih kalau ada barang bagus seperti ini.

    Penting sekali supaya lebih ber AKUNTABILITAS

  2. 23 Juli 2008 pukul 7:29 pm

    Mantaaappppssss, boss. Memang kalau urusan mencari, mencari, dan mencari isu-isu hot bos Rusmanik rajanya. Ini cocok sekali dengan moto BERBAGI SAMPAI MATI-nya.
    Terima kasih banyak, ya. Semoga jadi amal baik untuk bekal ke akhirat.
    Sorry belum bisa berkomentar kali ini. Mungkin besok atau lusa… Sekarang sepertinya capek banget setelah tadi pagi sampai siang NGAMEN…. Hehehehe…

  3. 24 Juli 2008 pukul 4:48 pm

    Bagus benerankah?

    BTW, kita agak heran nih bos. Mengapa ada modul-modul yang dikerjakan oleh perangkat pusat yang dihasilkan atas beban APBN (uang rakyat) dan vital bagi peningkatan kinerja Daerah dan keberfungsian masyarakat tetapi (seolah-olah) disembunyikan?

    Dari sudut pandang Ekonomi Kelembagaan, faktor apakah penyebabnya?
    😉

  4. 25 Juli 2008 pukul 10:03 am

    Bila kita di daerah tidak punya modul-modul penting itu, maka kita akan tidak tahu. Lalu, akan ada lembaga yang melakukan sosialisasi / pelatihan tentang modul tersebut. Maka, kita di daerah punya alasan untuk pergi. Nah, kebetulan di anggaran kemaren juga ada anggaran perjalanan dinas sehingga kloplah sudah!😉

  1. No trackbacks yet.

Pembaca pastilah punya pendapat keren. "Bagaimana menurut Anda"?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: