Beranda > Artikel, Diskusi, Inovasi Kebijakan, Kemiskinan > ReVITALisasi Pasar Tradisional

ReVITALisasi Pasar Tradisional

Kondisi yg memprihatinkan

Pasar !

Pasar tradisional tetap masih perlu dan penting. Ada banyak alasan mengapa pasar tradisional harus terus dilindungi dan dikembangkan. Mari kita lihat alasan-alasannya dengan mengasumsikan bahwa pasar tradisional mati. Bila pasar tradisional mati, maka implikasinya adalah:

  1. Pengangguran (ciri pasar tradisional: padat karya & padat pemilik usaha)
  2. Lapangan kerja menyempit (ciri pasar tradisional: banyaknya aktivitas perekonomian lain, yg terkait scr lsng & tdk langsung)
  3. Rendahnya jaminan ketersediaan barang kebutuhan sehari-hari (mis: susur yg tdk disediakan oleh pasar modren)
  4. Hilangnya penerimaan daerah dari RETRIBUSI PASAR dan penerimaan retribusi lain yg terkait dng pasar
  5. Hilangnya pasar (tempat permintaan aktual terjadi) bagi pemasok (usaha rumah tangga dan produk pertanian skala kecil). Kinerja per-usaha-an pemasok akan dapat menurun.
  6. Hilangnya salah satu wadah akulturasi (percampuran) budaya
  7. Hilangnya salah satu instrumen demokratisasi ekonomi; dari kita oleh semua untuk semua

Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjamin berkembangnya pasar tradisional. Ringkasannya adalah seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Penjelasan selengkapnya dapat dilihat dari presentasi berikut ini: Revitalisasi Pasar Tradisional

Komponen Dasar Strategi ReVITALisasi Pasar Tradisional

Agar lebih berguna bagi SKPD Pengelola Pasar, kami mengharapkan masukan dan kritikan konstruktif dari tamu dan pengunjung. Sebelum dan sesudahnya kami mengucapkan terima kasih.

Download: Revitalisasi Pasar Tradisional
Bila tidak berhasil didownload, mohon memberitahukannya melalui form komentar. Terima kasih.

  1. 22 Maret 2012 pukul 4:45 am

    Kalau pedagang hanya berorientasi pada maksimalisasi laba dng menghalalkan segala cara, maka pasar tradisional bisa jadi tempat belanja yang berbahaya ya.

    Kalau sudah seperti itu, maka animo masyarakat utk berbelanja di pasar tradisional akan menurun secara signifikan.

    Karenanya, pedagang harus lebih berorientasi pada kepuasan pelanggan ya; dapat laba yg wajar dengan memberikan barang yg berkualitas dalam transaksi yang penuh senyum😉

  2. Marbun
    22 Maret 2012 pukul 9:24 am

    Terima kasih om. Sangat membantu, walau kurang lengkip. Bisa diperluas lagi don

  3. Tiwi
    24 Maret 2012 pukul 12:35 pm

    Terima kasih atas materi powerpointnya. Tapi msh brsft umum. Mohn ptjk lbh ljt

  1. No trackbacks yet.

Pembaca pastilah punya pendapat keren. "Bagaimana menurut Anda"?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: