Beranda > Artikel, Perencanaan Pembangunan, Rusman R. Manik > (Draft) Tips Konsolidasi Data

(Draft) Tips Konsolidasi Data

Tips konsolidasi data

Keberadaan data dan informasi sangat perlu dan penting dalam perencanaan pembangunan. Tanpa data dan informasi yang cukup, maka diagnosa permasalahan akan kurang lengkap sehingga akan mempengaruhi kualitas respon (terapi) kebijakan.

Wujud riil dari permasalahan data dan informasi ini diindikasikan oleh: ketiadaan data, atau ketidaksamaan data antar lembaga, atau keterlambatan data atau kombinasi dari hal-hal tersebut.

Dalam kondisi yang seperti ini, maka kualitas konsolidasi data perlu ditingkatkan, bukan hanya  frekwensinya tetapi juga kualitas proses konsolidasinya.  Beberapa tips saat konsolidasi data adalah sebagai berikut:

1. Pelajarilah pola ideal (teoritis) dari data yang sedang dikonsolidasikan. Kita harus mengetahui apakah data tersebut cenderung meningkat, menurun atau cenderung tetap. Terkadang, kesamaan pandangan tentang pola ideal dari data ini harus disepakati terlebih dahulu, khususnya untuk data dan informasi “sensitif”.

2. Pahami determinan utama dari data tersebut, yaitu: faktor utama yang mempengaruhi data tersebut.  Bila kita determinan utamanya, maka kita akan lebih mudah untuk “memprediksi” kecenderungan pergerakan data.

3. Selain memperhatikan pola ideal (teoritis) NILAI  ABSOLUT dari data, kita juga harus memperhatikan pola TINGKAT PERUBAHANNYA. Untuk apa? Agar kita dapat memperkuat konsistensi antara nilai absolut dengan data tingkat perubahannya. Dalam kenyataannya, kontroversi seringkali muncul jika gerakan nilai absolut tidak konsisten dengan nilai tingkat pertumbuhannya. Apalagi bila kita tidak mengetahui alasan munculnya ketidak-konsistenan tersebut.

4. Ketahuilah dimanakah lokasi “terjadinya” perkembangan data tersebut? Sama halnya dengan mengetahui determinannya, kita juga harus tahu lokasi realisasi dari data tersebut. Hal ini sangat perlu terutama pada saat kita menentukan target atau mencoba mengestimasi realisasinya.

5. Bila pergerakan data berbeda dari pola idealnya, maka berikan penjelasan yang cukup. Secara umum, penyebab perbedaan data tersebut adalah: perubahan perilaku determinannya dan/atau adanya kejadian khusus di lokasi terjadinya data tersebut.

Bagaimana menurut Bapak/Ibu?

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Pembaca pastilah punya pendapat keren. "Bagaimana menurut Anda"?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: