Beranda > Artikel, Motivasi > 10 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Energi Positif

10 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Energi Positif

Semangat kerja PNS

CEMANGAD!

Pengalaman pendampingan ke Pemda merupakan pengalaman belajar yang luar biasa. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah: Apakah kinerja PNS yang relatif masih rendah akibat dari rendahnya KEMAMPUAN atau rendahnya KEMAUAN? Bila MAU, tapi tidak MAMPU, maka solusinya adalah pelatihan, bimbingan teknis atau pemberian beasiswa untuk jenjang pendidikan tertentu yang mengarah pada pencapaian tingkat kemampuan yang dibutuhkan tersebut.

Tapi bagaimana bila penyebabnya adalah KETIDAKMAUAN? Salah satu solusinya adalah penerapan insentif finansial berupa honor atau tunjangan kinerja. Dalam pandangan sepintas, insentif dalam bentuk honor dan tunjangan kinerja ini dapat menghasilkan kinerja yang relatif baik. Tetapi sangat mungkin terjadi, bahwa insentif finansial justeru berakibat buruk pada kinerja, paling tidak pada beberapa orang PNS yang baik. Misalnya: pemberian honor tambahan pada PNS yang berparadigma “menjadi PNS merupakan panggilan jiwa untuk mengabdi bagi nusa dan bangsa”, justeru dapat merusak motivasinya.

Terkadang, yang dibutuhkan PNS yang sudah MAU BERKINERJA hanyalah tips sederhana tentang:  cara meningkatkan energi positifnya, agar tetap dapat SUKA dan RELA melaksanakan pekerjaan secara profesional?

Untuk itu mari mempelajari tips sederhana itu melalui video berikut ini.  Video tersebut menjelaskan “10 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Energi Positif”. Video ini diambil dari youtube.com yang diunggah oleh getinazonecom.

Penjelasan secara bebas dari 10 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Energi Positif adalah sebagai berikut:

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.com Kerjakan tugas yang anda cintai. Kecintaan itu akan memunculkan gairah dan semangat, yang kemudian akan meningkatkan energi Anda. Rasanya persis seperti kita mencintai seseorang, yang membuat kita bergairah untuk suka dan rela membahagiakan orang yang kita cintai.

Maka, pilihlah tugas yang memang Anda cintai dan senangi; tugas yang memberikan kepuasan setelah menyelesaikannya.

Bagaimana bila kita tidak dapat tugas yang kita cintai, tetapi hanya mengikuti perintah atasan? Lihat tips # 4 di bawah.

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.com Berolah raga secara teratur. Tak dapat disangkal lagi, olah raga akan meningkatkan energi positif kita. Olah raga akan membuat kita merasa sehat dan baik. Olahraga teratur membuat tingkat energi kita jadi lebih tinggi.

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.comDiet tepat, bangkitkan energi. Diet yang kaya karbohidrat, protein, rendah lemak dan banyak serat sangat perlu untuk mempertahankan tingkat energi Anda. Kurangi gula (sugar) agar terhindari dari efek roller coaster dari gula tersebut.

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.comBekerja dengan memfokuskan pikiran pada hasil akhirnya. Anda mungkin mengalami stres sehingga energi Anda terkuras habis dan pekerjaan tak kunjung selesai atau bahkan tak kunjung dimulai. Nah di sinilah kita perlu “memfokuskan pikiran kita pada hasil akhir dari penyelesaian tugas”.

Jika Anda memfokuskan pikiran pada hasil akhir-nya, maka itu akan berubah menjadi kekuatan besar yang memotivasi Anda untuk mencapai tujuan. Anda merasa ber-energi untuk mencapai tujuan dengan biaya berapa pun.

Apa hasil akhir dari penyelesaian tugas? Ada banyak bentuknya: menerima uang, penghargaan, prospek kenaikan pangkat, atau kebanggan telah meninggalkan warisan hasil kerja, atau bentuk lain yang membuat kita menjadi terdorong bekerja secara suka dan rela.

Bagaimana cara memfokuskan pikiran pada hasil akhir itu? Salah satu caranya: duduklah yang nyaman kemudian imaginasikan (bayangkan): diri kita telah menerima hasil akhir itu. Lalu perbesar gambarnya, tambahkan warna dan suara-suara penghargaan dalam gambar imaginasi tadi. Perbesar dan perjelas gambarnya, sambil rasakan adanya semangat yang bergelora di dalam tubuh kita. SEMANGAT!

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.comSenyumlah. Senyum itu menular. Senyum akan meningkatkan suasana hati Anda. Ketika Anda berjalan dengan senyum di wajah, orang-orang akan menanggapi Anda dengan keramahan. Tanggapan positif seperti itu akan mengubah hari-hari Anda.

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.comTingkatkan energi positif Anda melalui bahasa tubuh. Bahasa tubuh positif akan membantu Anda untuk meningkatkan energi positif. Cobalah berjalan seperti seorang “pejabat yang percaya diri dan dicintai bawahan”. Cobalah dengan sungguh-sungguh. Adakah energi positif bergelora di tubuh kita?

Cobalah berjabat tanganlah yang erat dan hangat penuh persaudaraan, ubah postur tubuh kita mengikuti orang yang tenang, berkontak matalah dengan tenang dan penuh persaudaraan, dan lain-lain yang menghasilkan energi positif.

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.comBerpakaian baik. Berpakaian yang tepat, jelas meningkatkan rasa percaya diri dan energi positif Anda. Kalau Anda merasa salah kostum, dan anda tidak dapat membuang perasaan salah itu, maka anda akan jadi nervous; artinya: energi positif Anda terkuras!

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.comHindari penguras energi positif kita. Jangan buang waktu dengan orang-orang yang terlibat dalam obrolan tak bernilai, ber-aura negatif serta yang hanya membuang-buang waktu berharga Anda.

Jika Anda merasakan ada getaran buruk yang cenderung menguras energi, tinggalkan dan jauhi dengan sopan, agar mereka tidak menjadi penguras energi Anda.

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.comBergaul dengan orang-orang berpikiran positif. Cari sekelompok orang yang berpikiran positif yang seminat. Mereka akan menjadi pendukung Anda, sehingga akan dapat meningkatkan pertumbuhan Anda. Ketika Anda berada dalam kelompok seperti itu, ada energi kolektif yang bekerja untuk kebaikan semua orang dalam kelompok tersebut.

Tips Motivasi Kerja dan energi positif di KotaTebingTinggi.WordPress.comPraktekan introspeksi positif. Luangkan waktu inventarisasi semua kualitas positif yang Anda miliki. Instrospeksi positif = lupakan hal-hal buruk (negatif) yang mungkin telah terjadi dan perbesar kualitas positif kita. Bersyukurlah untuk hal-hal positif yang telah kita perbuat, walaupun sangat kecil. “Secara sadar dan bersengaja, BERSYUKURLAH … bahkan untuk nikmat yang maha kecil”.

Bagaimana bila tetap tidak menghasilkan energi positif? Ulangi semua tips di atas secara bersungguh-sungguh dengan niat penuh untuk mendapatkan energi positif. SEMANGAT!

Disarikan oleh rusmanik dari berbagai sumber. Juga pernah ditayang di KotaTebingTingg.Wordpress.com

  1. 19 Februari 2014 pukul 10:13 am

    langsung ijin untuk mencobanya juragan!!

  2. 19 Februari 2014 pukul 10:26 am

    memang harus selalu berpikiran energi positif sangat penting sekali!

  1. No trackbacks yet.

Pembaca pastilah punya pendapat keren. "Bagaimana menurut Anda"?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: